Wedding Preparation: How to Plan a Wedding (BUDGET)

Hai! Alhamdulillah ya akhirnya Arin nulis lagi 😄

Blog ini diaktifkan kembali selain untuk ''merayakan" ulang tahun pernikahan yang pertama, akhir-akhir ini saya hobi lagi nulis. Mungkin karena saya lagi punya banyak waktu luang (alias nganggur 😝)

Once kalian berencana untuk menikah, (terutama perempuan) pasti excited dong plus udah kebayang ya ngadain wedding yang ciamik banget sesuai impian dari kecil. Tapiii abis itu bingung deh, pertama-tama mesti ngapain dulu ya? 

Nah saya share di sini ya satu per satu 7 tahap yang sebaiknya dilakukan untuk mempersiapkan pernikahan, berdasarkan pengalaman kami. Catatan ini ditulis selain buat kenang-kenangan saya dan suami pas nyiapin nikahan, juga buat bantu siapa pun yang nanti merencanakan pernikahan bisa refer kesini. Step lainnya dibahas satu-satu di postingan berikutnya ya biar ngga kepanjangan.

How to Plan a Wedding (less Drama)

1. Establish your wedding BUDGET


Pusing ngga sih baru awal-awal udah ngomongin budget. Tapi menurut kami ini dari awal penting banget untuk didiskusikan karena selain kami berdua anaknya ekonomi(s) banget, untuk transparansi juga kepada masing-masing pihak keluarga. Selain itu, untuk memilah-milah pos-pos biaya mana yang prioritas dan mana yang pengeluarannya bisa ditekan. 

Hal ini juga bakal ngebantu banget untuk nyortir vendor dari awal supaya ngga capek-capek survey vendor terlalu banyak. Mending pahitnya di awal kan tahu kalo vendor impian kamu ternyata ga masuk budget hiks. Tentunya jadi lebih efisien kan kalo cuma survey 2-5 vendor aja hehehe. Ini contoh yaa daftar anggaran yang saya sama suami buat sendiri. Sederhana aja yang penting tercantum semua tanpa ada yang terlewat.

Arin Yuka's Wedding Budget


Daftar ini bisa bangeeettt disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 
Semoga membantu dan good luck for your wedding preparation!

Komentar

Postingan Populer