Wedding Preparation: How to Plan a Wedding (VENUE)


Oke, setelah nentuin budget seperti di How to Plan a Wedding (less Drama) part 1, berikutnya musti ngapain lagi? Setelah memperkirakan jumlah tamu undangan, let's survey the wedding venue! 

2. Find a VENUE and choose wedding DATE

Sekarang sih tempat menikah bisa dimana aja, bisa di rumah, di gedung pertemuan, hotel, bahkan di pelataran Candi Borobudur sekalipun! Pertimbangan kami memilih di gedung karena biar nggak repot mengurus perijinan, keamanan dan kebersihan Kami juga ngga makan waktu lama untuk survey karena sudah membatasi area pencarian venue, yaitu daerah Jakarta Timur yaa paling jauh mepet Jakarta Selatan deh. Daerah tersebut dirasa paling strategis dari mana-mana juga letaknya di tengah-tengah posisi tempat tinggal saya dan suami.


Pendopo besar yang di dalamnya juga ada gebyok sebagai alternatif pelaminan.
Ada satu pendopo lagi namun lebih kecil di seberangnya

Biasanya bangunan ini untuk area catering

Area pelaminan gebyok

Bangunan ini cuma bisa dipake terasnya saja

Pertama saya dan Mas Yuka (dan adiknya suami) pergi ke Rumah Sarwono di Jalan Pasar Minggu Raya, Jakarta Selatan. Semi-outdoor venue ini sebenernya udah jadi impian saya banget dari dulu. Marketingnya juga baikk banget. Tapi setelah liat tempatnya urung book disini karena kok bakalan effort banget buat dekorasinya, kalo ngga maksimal jadi kosong gitu kesannya, belum kalo cuaca ga mendukung alias hujan ☹ karena pertimbangannya juga bikin nyaman semua orang jadi kita tinggal deh. Padahal tempatnya kece apalagi kalo adain wedding malem2 gitu huhuhu. Anyway, akhirnya tempat ini jadi pre-wedding venue kami deh pakai kostum tradisional jawa gitu, lumayan ada spot outdoor-nya juga hehe.  


Ini penampakan gedungnya dilihat dari pinggir jalan. 

Next kita ke gedung Graha Dirgantara yang lokasinya di Jalan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Gedung ini sebenarnya buat kantor, aulanya di bawah. Waktu kita survey pas banget lagi ada wedding disitu (jadi ngga bisa foto aula weddingnya). Gedung ini termasuk gedung baru sih jadi masih rapi dan nyaman banget. Marketingnya baik dan asik banget, masih muda juga. Aula untuk weddingnya pas sih sesuai dengan jumlah tamunya, trus di langit-langitnya ada chandelier dan pilarnya motif batik lagi 😍 Kekurangannya sih karena ada di lantai bawah jadi rada susah sinyal disana, tapi selain itu sreg banget sih akhirnya bismillah book tanggal beserta tanggal alternatifnya disitu.

Setelah itu pilih tanggal pernikahan deh. Biasanya ribet ya milih tanggal soalnya harus nyesuain dengan jadwal kedua belah pihak keluarga. Apalagi kalau keluarga masih ada yang percaya tanggal-tanggal tertentu yang baik. Tapi jaman sekarang kayaknya nentuin tanggal berdasarkan ketersediaan tempat weddingnya deh (termasuk saya) hahaha. Percaya aja kalo semua hari baik apalagi kalo diniatkan untuk melakukan sesuatu yang baik juga. 

Kita pilih tanggal 25 Februari 2017 deh. Eh ngga kerasa bentar lagi setahun! 😆

Komentar

Postingan Populer